Mengenal Fluoride, Kandungan Pasta Gigi yang Memutihkan Gigi


Sekarang ini, pasta gigi yang ada di pasaran banyak yang mengandung fluoride demi menjaga kesehatan gigi agar lebih bersih, putih, dan bebas dari ancaman gigi berlubang. Selain kegunaan itu, fluoride juga rupanya berguna untuk sedikit demi sedikit mengikis plak yang nantinya akan membentuk karang pada gigi. Oleh karena itu, pada artikel ini kita akan membahas mengenai apa saja bahaya jika karang gigi dibiarkan dan bagaimana fluoride pada pasta gigi pepsodent bisa menjaga kesehatan gigi dari masalah tersebut.

Bahaya Karang Gigi Jika Dibiarkan Terlalu Lama

Terbentuknya karang pada gigi bukan berasal dari sisa-sisa makanan dalam satu hari saja. Sebaliknya, karang terbentuk dari sisa-sisa makanan yang menumpuk di gigi Anda dan berubah mengeras menjadi plak karena tidak dibersihkan. Biasanya, karang ini terjadi di bagian atas garis gusi atau bisa juga di bagian permukaan gigi. Lantaran tampak ketika kita membuka mulut, maka sudah sepatutnya kita merasa risih dengan keberadaan plak berwarna kuning kecoklatan ini.

Selain itu, ternyata karang gigi ini jika dibiarkan terlalu lama juga bisa menyebabkan bahaya, yakni :

1. Peradangan Gusi

Pertama, karang gigi yang tidak dibersihkan rupanya bisa menjadi asal muasal gingivitis. Keadaan ini merupakan sebuah peradangan pada gusi yang mana jika sudah parah, maka gusi bisa berdarah jika terkena bulu sikat gigi. Lebih lanjut dibiarkan, kondisi ini akan mengarah pada periodontal, yakni penyakit yang ada di gusi dan menyebar sampai tulang alveolar hingga gigi pun bisa lepas dengan sendirinya.

2. Penyumbatan Pembuluh Darah

Anda tentu tidak akan mengira jika karang yang sederhana dan tidak menyebabkan rasa sakit itu bisa menyumbat pembuluh darah. Seperti yang sudah dijelaskan, karang yang dibiarkan terlalu lama akan merusak gigi dan menyebabkan periodontal. Dalam dunia medis, penyakit ini sangat berkaitan dengan terjadinya penyakit stroke, jantung, diabetes, hingga rematik dan dimensia. Dipercaya, bakteri yang ada di mulut bisa ikut terbawa darah ketika terjadi peradangan pada gusi sehingga bakteri akan mencapai organ di dalam tubuh dan merusaknya. Ngeri, ya.

3. Bau Mulut

Terakhir, karang gigi yang dibiarkan berlama-lama juga akan menyebabkan bau mulut. Hal ini karena plak yang sudah mengeras kembali bercampur dengan sisa makanan baru yang mana akan semakin menumpuk karang. Terjadilah pembusukan di dalam mulut sehingga bau mulut pun tidak terhindarkan.

Dengan berbagai resiko terkena penyakit di atas, maka sudah sebaiknya Anda tidak mengentengkan karang gigi. Nah, salah satu caranya adalah dengan menyikat gigi dua kali setiap hari dengan pasta gigi yang mengandung fluoride. Kandungan berupa mineral yang biasanya ada pada tulang dan gigi ini diformulasikan menjadi bahan penyusun pasta gigi sehingga dapat membantu kesehatan gigi Anda.

Pertama dipakai pada pasta gigi di tahun 1914, fluoride upanya telah melewati serangkaian penelitian dimana didapat hasil bisa mencegah kerusakan gigi. Itulah mengapa, memilih pasta gigi yang mengandung fluoride sangat disarankan oleh para ahli agar gigi Anda terhindar dari macam-macam ancaman kerusakan gigi. Contoh dari produk yang disarankan adalah pasta gigi pepsodent.

Produk yang bisa Anda beli di JD.id ini mengandung fluoride pada komposisinya sehingga sangat direkomendasikan untuk mencegah gigi berlubang, bagus untuk memutihkan gigi, dan juga cocok untuk mengatasi masalah plak pada gigi Anda. Jika sudah begitu, maka kesehatan gigi Anda akan terjaga dan bau mulut pun tidak akan menghantui Anda dalam aktivitas sehari-hari.

Demikian ulasan mengenai apa saja bahaya jika karang gigi dibiarkan dan bagaimana fluoride pada pasta gigi pepsodent bisa menjaga kesehatan gigi dari masalah tersebut. Semoga ulasannya bermanfaat.

Tidak ada komentar untuk "Mengenal Fluoride, Kandungan Pasta Gigi yang Memutihkan Gigi"