Kapan Fisioterapi Anak Perlu Diterapkan? Cek 4 Tanda Ini


Bagi kebanyakan orang fisioterapi dikenal dilakukan untuk orang dewasa, tapi pada kenyataannya ada juga fisioterapi anak. Fisioterapi yang diterapkan kepada anak hingga bayi atau balita memiliki tujuan yang berbeda-beda. Fisioterapi adalah salah satu prosedur medis pada fungsi alat gerak manusia yang terganggu. Tujuan utamanya supaya fungsinya kembali stabil atau berfungsi bagaimana semestinya.

Apabila dilihat dari pengertian fisioterapi sendiri maka prosedurnya bisa dilakukan untuk balita atau anak-anak. Penting bagi orang tua untuk tahu apakah anak membutuhkan fisioterapi supaya tidak mengganggu fungsi gerak mereka setelah dewasa. Setelah mengetahui tanda-tandanya, penting untuk segera melakukan fisioterapi seperti di Klinik NK Health atau klinik fisioterapi terdekat.

4 Tanda Penting Ketika Fisioterapi Anak Perlu Dilakukan

Sebelum memulai terapi Anda wajib memperhatikan tanda-tanda yang mungkin saja dialami anak saat ini. Karena kebutuhan pada setiap anak berbeda-beda dan terapi fisik yang dilakukan akan disesuaikan dengan jenis masalah yang dimiliki. Pada kasus bayi yang baru lahir biasanya dokter akan segera memberikan saran fisioterapi jika terdapat beberapa masalah.

Masalah yang paling sering muncul adalah pada bayi yang lahir prematur. Kebanyakan bayi prematur memiliki bahu yang dekat dengan telinga, oleh karena itu hal yang bisa dilakukan adalah pemijatan lembut bahu ke bawah. Hingga akhirnya postur bayi kembali normal dan terjadi peningkatan dalam pertumbuhannya.

Pada kasus bayi prematur bisa segera diatasi karena setelah lahir masih dalam pengawasan dokter, tapi bagaimana jika usianya sudah semakin besar? Saat sudah tidak balita lagi maka pengawasan harus dilakukan oleh orang tua. Anda harus peka terhadap beberapa tanda yang berbeda dan mengharuskan mengikuti fisioterapi anak.

Berikut ini tujuh tanda yang wajib diperhatikan pada anak yang membutuhkan fisioterapi.

Postur tubuh yang tidak normal

Postur tubuh yang buruk seringkali terabaikan oleh orang tua dan menganggapnya normal. Tapi bagaimana postur tubuh yang buruk sebenarnya? Misalnya saja anak tidak dapat berjalan dengan tegak atau berjalan dengan kaki yang tidak lurus. Tanda ini coba diperhatikan ya.

Kesulitan mendapat keseimbangan

Kesimbangan sangat penting untuk menciptakan koordinasi tubuh yang baik. Anak mungkin saja memiliki kesimbangan yang buruk, misalnya mudah terjatuh tanpa sebab. Bisa juga anak kesulitan menggunakan celana dengan satu kaki saja. Kemungkinan besar anak memiliki masalah kesimbangan.

Tubuh menumpu pada satu sisi

Tanda selanjutnya yang bisa diperhatikan adalah tubuh anak yang menumpu pada satu sisi. Misalnya saja kepala yang miring pada satu sisi saja yang terlihat saat mereka sedang bermain atau belajar.

Memiliki mobilitas sendi yang terbatas

Sendi akan mempengaruhi gerak anak dan bagian ini juga perlu fisioterapi segera jika muncul tanda-tanda bermasalah. Anak mungkin saja merasakan tidak nyaman ketika bergerak pada bagian sendi tertentu seperti kaki atau tangan. Apabila sudah parah mereka akan merasakan kesulitan untuk bergerak.

Masih banyak tanda-tanda anak yang membutuhkan fisioterapi. Anda bisa mengecek dan mengetahuinya langsung dengan menggunakan aplikasi Halodoc. Pada aplikasi ini, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter spesialis fisioterapi langsung. Anda juga bisa mencari klinik fisioterapi terdekat yang bisa segera dikunjungi jika anak memiliki tanda-tanda tersebut.

Biaya fisioterapi sendiri tidak terlalu mahal karena perawatan harus dilakukan secara berkala. Ditambah lagi beberapa klinik fisioterapi menerima panggilan yang artinya terapis akan datang langsung ke rumah untuk melakukan terapi pada anak. Jadi Anda bisa tenang dan mendampingi anak selama terapi berlangsung.

Tidak ada komentar untuk "Kapan Fisioterapi Anak Perlu Diterapkan? Cek 4 Tanda Ini"